Hati-hati Sebelum Natal Dan Tahun Baru, APK Android Palsu Dapat Melacak Pengguna Yang Tidak Waspada

Admin | Minggu, 24 Desember 2023 08:52 WIB | 76 kali
Hati-hati Sebelum Natal Dan Tahun Baru, APK Android Palsu Dapat Melacak Pengguna Yang Tidak Waspada

Adi Sumaryadi dari Internet Observer mengungkapkan bahwa momen saling berkirim ucapan merupakan momen yang harus diwaspadai, karena APK Android palsu dapat menyebar dengan sangat mudah dengan kedok ucapan Natal dan Tahun Baru.

APK palsu yang dimaksud adalah ucapan yang dikirimkan melalui WhatsApp yang sebenarnya sengaja dibubuhi file APK yang didesain atau dibuat khusus untuk memanipulasi ponsel korban jika disebarkan baik secara sengaja maupun tidak.

Sangat mungkin bagi peretas untuk mengambil alih kendali ponsel korban setelah di-install oleh korban, karena ucapan selamat Natal atau Tahun Baru yang diduga terdapat dalam file APK tersebut sebenarnya hanyalah jebakan.

Mencegah dan mengatasi

Cara termudah untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kejahatan seperti pembobolan akun, pencurian data, dan pelanggaran hak privasi adalah dengan tidak memasang APK secara tidak sengaja, terutama dari lampiran WA. Dan selalu baca pesan dengan hati-hati dan aktifkan fitur yang mencegah APK diinstal dari WhatsApp.

Segera hapus instalan dan setel ulang ponsel ke pengaturan pabrik jika sudah terinstal. Segera laporkan pencurian data atau kebocoran akun kepada polisi.



Yuk Bagikan :

Baca Juga