Menparekraf Sandiaga Uno Diskusi Bareng Komunitas Kreatif Cimahi

Redaksi | Sabtu, 16 Desember 2023 01:08 WIB | 59 kali
Menparekraf Sandiaga Uno Diskusi Bareng Komunitas Kreatif Cimahi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno menghadiri diskusi dengan puluhan perwakilan komunitas ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Cimahi, Jawa Barat pada Rabu (13/12/2023) malam.

Pertemuan  tersebut, berlokasi di Inaka Coffe, Cibeber, Kota Cimahi dan dihadiri 27 komunitas untuk berdiskusi dan berbincang santai dengan Sandiaga Uno dalam forum Nemuin Komunitas (Netas) bertemakan "Inovasi Produk Kreatif Lokal".

Sandiaga mengatakan, adanya pertemuan dengan 27 komunitas di Cimahi ini ia bisa menangkap berbagai macam aspirasi, yang nantinya bisa membuat ekonomi kreatif di Kota Cimahi menjadi lebih maju.

"27 komunitas berkumpul, Alhamdulillah tadi kita sempat menangkap aspirasi dari komunitas UMKM sampai komunitas aksara kuno Sunda, komunitas E-Sport," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Yakin Target 11 Juta Wisman ke Indonesia Terlampaui

Sandiaga menjelaskan, melalui forum Netas ini pihaknya ingin memberikan penguatan kepada para komunitas ekonomi kreatif di Kota Cimahi agar dapat bersaing dan dikenal.

"Jadi inilah inovasi-inovasi, produk-produk lokal dari Kota Cimahi yang malam ini kita berikan penguatan," ucap Sandiaga.

Sandi menilai jika potensi ekonomi kreatif di kota ini memiliki peluang usaha yang terbuka lebar atau besar. Maka dari itu, dirinya mendorong pemerintah setempat (Pemkot Cimahi) untuk mengajukan proses uji petik sehingga bisa ditetapkan sebagai kota kreatif.

"Selain kota militer, kota wisata, tetapi juga kota kreatif karena banyak sekali produk-produk subsektor ekonomi kreatif yang punya potensi di Kota Cimahi yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas, serta sangat dibutuhkan oleh masyarakat," tutur Sandiaga Uno. 

Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Pemilu 2024 Dorong Sektor Pariwisata

Untuk menciptakan hal itu, maka pihaknya sangat terbuka untuk memfasilitasi Pemkot Cimahi dalam mengembangkan wisata militer yang sudah lama digagas di Kota Cimahi. 

"Jadi silakan diajukan. Nanti akan dilaksanakan oleh lintas kementerian, kebetulan dengan Kemenhan kami sangat dekat karena banyak berkolaborasi. Kemudian sangat dimungkinkan untuk menciptakan produk-produk wisata baru sesuai dengan wisata minat khusus," tuturnya.

Lebih lanjut, terdapat salah satu komunitas yang membuat Sandiaga Uno begitu tertarik, yaitu komunitas Terapi Cinta. Menurutnya, hal itu jarang terjadi karena berkaitan dengan hubungan asmara seseorang.

"Ada dari komunitas yang menarik, Terapi Cinta. Jadi kalau yang cintanya sempat hilang, datanglah ke Kota Cimahi, bisa kembali melalui terapi cinta oleh Bunda Mei," pungkasnya.



Yuk Bagikan :

Baca Juga