Jakarta - Sejumlah pemberitaan di kanal Metro kemarin (9/7) yang masih menarik untuk disimak kembali mulai dari DKI Jakarta memerlukan Rp600 triliun untuk menjadi kota global hingga setengah penduduk Jakarta merupakan generasi milenial dan gen Z.

Berikut sejumlah pemberitaan yang masih layak disimak untuk menemani aktivitas pagi Anda.


1. Jakarta perlu anggaran Rp600 triliun agar setara dengan kota global

Jakarta - Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta menghitung kebutuhan anggaran agar Jakarta bisa setara dengan kota-kota global yang sudah ada saat ini sekitar Rp600 triliun.

Kenyataannya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta saat ini berkisar antara Rp80-84 triliun, yang artinya masih ada celah (gap) sangat besar untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

"Gap antara kebutuhan anggaran dari Rp600 triliun, kita topang dari anggaran belanja modal yang sekarang ini masih sekitar 19 persen. Artinya apa yang harus kita siapkan masih jauh," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono pada acara sosialisasi Undang-Undang No. 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta Bersama dengan Kementerian Dalam Negeri" secara daring dan luring di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di


2. Kepulauan Seribu siapkan Pulau Tidung Kecil sebagai lumbung pangan

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu tengah mempersiapkan Pulau Tidung Kecil yang berada di Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan sebagai lumbung pangan.

"Pulau Seribu akan dijadikan lumbung pangan sesuai hasil penelitian Bappenas dan BRIN karena memiliki hasil laut seperti ikan, rumput laut, ganggang dan sebagainya," kata Bupati Junaedi saat monitoring persiapan penanaman buah naga di Pulau Tidung Kecil, Senin.

Berita selengkapnya di


3. TransJakarta ubah nama halte GBK jadi Senayan Bank DKI

Jakarta - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengubah nama halte Gelora Bung Karno (GBK) menjadi Senayan Bank DKI dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

"Jadi yang sekarang halte Gelora Bung Karno akan menjadi Senayan Bank DKI," kata Direktur Pelayanan dan Bisnis TransJakarta, Fadly Hasan di Transport Hub Dukuh Atas, Jakarta, Selasa.

Beritanya di


4. IPC latih generasi muda di Tanjung Priok agar punya kompetensi

Jakarta - Indonesian Port Corporation (IPC), anak usaha Pelindo di bidang pengelolaan peti kemas memberikan pelatihan kepada generasi muda di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara agar memiliki kompetensi dan siap untuk bersaing di dunia kerja.

"Tahun ini ada 120 peserta yang mendaftarkan diri dan akan menjalani pelatihan selama tiga bulan dengan pilihan materi di antaranya digital marketing, desain grafis, dan operator komputer madya," kata Direktur Utama IPC Terminal Peti Kemas (TPK), Guna Mulyana di Jakarta, Selasa

Selengkapnya di


5. Hampir separuh penduduk Jakarta kini generasi milenial dan gen Z

Jakarta - Sekretaris Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI Jakarta Darwoto mengungkapkan bahwa hampir separuh atau 46 persen penduduk Jakarta kini adalah generasi milenial dan zilenial atau Z.

Dia lalu merinci sebanyak 24 persen penduduk Jakarta berada pada kategori usia 25-39 tahun atau disebut generasi milenial dan sebanyak 23 persen itu adalah generasi Z, yakni berusia 10-24 tahun

Baca beritanya klik di