Jakarta - Platform belanja online Tokopedia membagikan beberapa tips bagi mereka yang ingin memulai bisnis rumahan dengan modal kecil.

Hal ini sejalan dengan fakta bahwa sekitar 12 juta penjual bergabung dengan Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya.

" Dari jumlah tersebut, hampir 100 persen merupakan pegiat UMKM dari berbagai latar belakang dan daerah, " kata Maisyalina Agustiana, senior lead tokopedia Growth Marketing, dalam keterangan Kamis.

Tips pertama adalah memastikan Anda memiliki penggemar dan menemukan produk terlaris di Tokopedia. Gunakan fitur Market Insights di aplikasi Seller Tokopedia untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di tokopedia dan kata kunci menurut wilayah dan kategori.

"Anda juga akan mempelajari tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, home, food, beverage, health, electronics, dan fashion menjadi kategori terlaris di tahun 2022, " jelas Maisyalina.

Periksa lebih lanjut profil calon pembeli. Setelah Anda memutuskan produk mana yang akan dijual dan memahami situasi pasar, Anda memutuskan siapa target konsumen produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, pelaku usaha kedepannya dapat lebih mudah menentukan strategi pemasarannya.

" Fitur Buyer Insights di aplikasi Seller Tokopedia membantu penjual menemukan profil pembeli seperti usia, jenis kelamin dan lokasi, serta membantu pelaku bisnis menentukan strategi penjualan

Ketiga, membuat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi. Sinergi Penggunaan media sosial yang tepat dapat meningkatkan awareness terhadap toko dan produk di e-commerce.

Misalnya, membuat konten media sosial yang bisa unik dan menampilkan seller. Perhatikan tren yang digandrungi banyak orang di media sosial.

"Kami juga akan melakukan live video streaming melalui Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. Saat meluncurkan produk baru, kami akan mempertimbangkan live streaming, memberikan tutorial penggunaan produk, serta mengadakan kuis dan giveaway," kata Maisyalina.

Selanjutnya, pertimbangkan untuk membentuk tim untuk mendukung bisnis Anda.

"Pelaku bisnis dapat menggunakan fitur manajemen toko dari aplikasi Penjual tokopedia untuk membantu mereka mengelola tokonya dengan aman melalui pemilihan berbagai peran yang dapat diberikan kepada pengelola toko," kata Maisyalina.

Terakhir, lakukan performance marketing sesuai kebutuhan.

" Misalnya, para penggiat bisnis dapat menggunakan fitur TopAds automatic advertising agar produknya muncul di bagian atas halaman Tokopedia. Dengan modal kecil mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli, " tambahnya.