JAKARTA - Alfons Tanujaya, Ketua Komtap Cyber Security Awareness Committee Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas), memberikan beberapa tips jitu untuk membantu perusahaan dalam mengantisipasi serangan ransomware. Menurut dia, menghadapi ransomware sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal ini karena serangannya terus berubah dan dalam beberapa kasus penyerang bisa jadi manusia, sehingga sangat sulit untuk ditangkal dengan program antivirus. "Satu-satunya cara yang paling efektif untuk mengurangi kerugian akibat ransomware adalah dengan disiplin dalam melakukan pencadangan (backup)dan menjaga agar backuptetap terpisah atau offline agar tidak terenkripsi jika terjadi serangan ransomware," kata Alphonse yang dihubungi pada hari Jumat. kata Alphonse.



Alphonse mengatakanbackupatau cadangan data harus ditempatkan secara terpisah atau offline untuk memastikan mereka tidak terenkripsi saat terjadi serangan.

Ada juga solusi seperti Vaccine Protect yang melindungi data dari ransomware, dan data yang berhasil dienkripsi dapat dipulihkan dengan satu klik,tanpa harus bergantung pada backup. Menurut

, pencadangan data sangat penting dalam mencegah gangguan bisnis akibat data yang dienkripsi oleh ransomware.



Namun, dia memperingatkan bahwa jika data berhasil diunduh oleh penyerang, kerahasiaan data tersebut dapat tersebar sehingga merugikan perusahaan.

Selain disiplin melakukan pencadangan data, perusahaan perlu meningkatkan kesadaran dan pemahaman karyawan tentang ancaman ransomware.

Dia menyatakan bahwa pelatihan kesadaran keamanan dapat diberikan dengan secara otomatis mengirimkan file phishing kepada karyawan dan memperingatkan mereka jika mereka tertipu untuk mengklik tautan berbahaya.



Karyawan juga harus dilatih untuk selalu melindungi aset digital mereka dengan menggunakan pengelola kata sandi dan mengaktifkan autentikasi dua faktor.

Penting juga untuk mencadangkan data secara teratur dan mengembangkan kebiasaan untuk menghindari penggunaan program bajakan dan kunjungan ke situs-situs berbahaya.

Jika sebuah perusahaan mengalami serangan ransomware, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan komputer yang terinfeksi dari jaringan. Selanjutnya, periksa keamanan jaringan untuk memastikan tidak ada infeksi lain.

"Pastikan cadangan data aman dan instal ulang aplikasi dari awal sehingga tidak ada jejak ransomware yang tersisa.