Jakarta-Nicke Widyawati, President Pt Pertamina (Persero) mengapresiasi transformasi bisnis PT Pertamina International Shipping (PIS), anak perusahaan PT Pertamina Integrated Marine Logistics (Persero), yang telah berhasil dioperasikan dengan mencatatkan hasil positif dan serangkaian prestasi membanggakan di tahun 2023.

" Selamat atas berbagai pencapaian sepanjang tahun 2023 yang luar biasa dalam segala hal. Dan hal ini tentunya merupakan hasil dari transformasi bisnis yang sedang berlangsung di sub yang menyelenggarakan logistik kelautan terintegrasi dan kerja sama yang baik dari semua jajaran," kata Nikke dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pada hari Kamis, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PIS diadakan di Jakarta, dihadiri oleh Nicke Widyawati dan pemegang saham lainnya, dan mendapat persetujuan laporan tahunan Direksi PIS untuk tahun buku 2023 yang telah diaudit.

Yoki Firnandi, CEO PiS, mengatakan pada tahun 2023, pis telah berhasil mencatatkan banyak capaian luar biasa dalam hal kinerja keuangan, operasional, armada, ekspansi bisnis, dan komitmen untuk melanjutkan bisnis yang berkelanjutan.

Dalam hal kinerja keuangan, PIS memperoleh laba sebesar 333.000 juta,meningkat 60, 94 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut didorong olehpendapatan pihak ketigaatau pendapatan pihak ketiga, dan bagiannya meningkat dari tahun 2022 menjadi 14% pada tahun 2023 menjadi 19%.

"Hal ini mencerminkan keberhasilan PIS dalam ekspansi internasional. Dengan cabang di Singapura dan Dubai, perusahaan sekarang memperluas ke 50 rute global dan menjelajahi 5 benua di seluruh dunia," kata Yoki.

Kinerja Yoki yang berkelanjutan di tahun 2023 juga didorong oleh program transformasi perusahaan, yang mengarah pada inisiatif strategis dan merupakan kunci untuk mempercepat bisnis PIS.

" Setiap tahun, memastikan kinerja yang kuat dan profitabilitas yang konsisten, PIS terus bersaing secara global, memberikan solusi layanan yang kompetitif kepada pelanggan di luar Grup Pertamina, peningkatan laba yang signifikan menghasilkan PI sebesar US米 333.000 juta, melebihi target Budget for Work (RKAP) tahun 2023 sebesar 111,37%."Hal itu juga didorong oleh pertumbuhan pendapatan perusahaan.



Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan kargo imporfree-on-board(FOB), kapal sewaan, dan layanan pelabuhan.

Berbagaisumber pendapatanjuga meningkatkan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) sebesar 16,88% menjadi達 990,37 juta.

"PI juga didukung oleh tim manajemen yang berpengalaman dan memiliki keahlian lebih dari 100 tahun di sektor maritim, energi, dan keuangan secara total, memastikan pengembalian yang dapat diandalkan tidak hanya bagi pemegang saham tetapi juga bagi pemerintah," lanjut Yoki.

Pencapaian ini juga sejalan dengan strategi perusahaan untuk menjadi pemain global di industri logistik perkapalan dan energi, katanya.

Sebagai sumber kehidupan virtual energi, PIS tercatat mengangkut 1.610 miliar liter minyak, produk bahan bakar, dan ELPIJI, yang didistribusikan baik di dalam negeri maupun internasional.