Siapa Hamas? Dianggap sebagai Kelompok Teroris oleh Barat, Namun Dianggap sebagai Pahlawan oleh Penduduk Palestina

Redaksi | Sabtu, 14 Oktober 2023 03:54 WIB | 91 kali
Siapa Hamas? Dianggap sebagai Kelompok Teroris oleh Barat, Namun Dianggap sebagai Pahlawan oleh Penduduk Palestina

Hamas adalah sebuah faksi militer Palestina yang menguasai wilayah Jalur Gaza. Nama mereka adalah singkatan dari "Harakat al-Muqawama al-Islamiya," yang diterjemahkan sebagai "Gerakan Perlawanan Islam" dan dalam bahasa Arab berarti "semangat."

Dilansir dari laman BBC News Indonesia, kelompok ini bersumpah untuk menghancurkan Israel dan menggantikannya dengan negara Islam.

Hamas telah terlibat dalam beberapa konfrontasi bersenjata dengan Israel sejak mereka mengambil alih kekuasaan di Gaza pada tahun 2007.

Mereka telah meluncurkan ribuan roket ke wilayah Israel atau mendukung kelompok militan lain untuk melakukannya, serta melancarkan serangan-serangan berbahaya lainnya.

Sebagai tanggapannya, Israel telah sering melakukan serangan udara terhadap Hamas dan juga mengirim pasukan ke Gaza dalam dua perang terpisah. Bersama Mesir, Israel telah memberlakukan blokade di Jalur Gaza sejak tahun 2007 dengan alasan keamanan.

Hamas, atau dalam beberapa kasus sayap militernya yang dikenal sebagai Brigade Izzedine al-Qassam, telah ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Israel, Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, serta beberapa negara lainnya.

Iran memberikan dukungan finansial, senjata, dan pelatihan kepada kelompok ini.

(Foto/Gambar: Ilustrasi Hamas/BBC News Indonesia)



Yuk Bagikan :

Baca Juga